GOOD VISION HABITS

Banyak hal terjadi dan dilakukan, kemudian berakhir menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan-kebiasaan akan menjadi kekal adanya bilamana dilakukan secara terus-menerus dalam kurun waktu lama. Akibatnya, teramat sulit bagi seseorang ketika mereka harus mengubah kebiasaan untuk memulai sebuah kebiasaan baru. Pada beberapa pengamatan saya dimana pernah menuntut ilmu bahwasanya ditemukan dan dijadikan sebagai sebuah alat guna menghantarkan setiap personal guna memulai sebuah kegiatan baru. Tujuan utamanya adalah menghantarkan mereka yang memiliki ketidaknormalan menjadi tidak lebih parah. Di sisi lain untuk mengembangkan sebuah budaya berdampak positif. Ada beberapa hal menjadi maklumat bagi kita semua guna membenahi tingkat kesadaran supaya tidak terdapat jurang pemisah antara negara kita dan yang lain. Setidaknya memberikan ide baru bagi khalayak ramai dalam mengkaji dan menganalisa setiap hal baru menjadi bermakna. Hipotesa di ambil atas dasar riset yang dilakukan hingga agustus 2001.
  • 1. Istirahat
Segala sesuatu butuh istirahat, begitu pula dengan mata.Istirahatkan mata selama 3-5 menit dengan melihat obyek lebih dari 2meter diiringi menutup mata lebih panjang dari biasanya setiap 30-40 menit mata anda digunakan untuk membaca, menulis , aktivitas dengan komputer dan setiap tindakan dalam jarak dekat.
  • 2.Perhatikan penggunaan instrumen pencahayaan
Dalam sebuah literatur, disebutkan bahwasanya ada besaran ilimunasi tertentu yang disesuaikan dengan luas ruangan. Hanya saja menentukan standar seperti itu teramat sulit. Adapun hal yang seyogyanya anda lakukan adalah memperhatikan lampu yang dipakai. Apakah menimbulkan efek pembayangan ( contoh: seperti penerangan lampu senter) dan atau silau.
  • 3.Jagalah jarak baca
Jarak baca yang disarankan oleh para ahli dan praktisi adalah berkisar antara 30-33cm, meski jarak baca juga dipengaruhi oleh faktor postur dan kebutuhan.
  • 4. Posisi Duduk
Pastikan posisi duduk anda adalah tegak dan terlalu menunduk saat belajar,aktivitas yang berkaitan dengan komputer dan kegiatan dekat lainnya.
  • 5.Jarak Menonton Televisi
Beberapa riset menunjukkan bahwa jarak pandang sempurna untuk menonton TV adalah 5-7 kali dari jarak diagonal TV dan atau setidaknya 2-3 meter tergantung mana yang lebih dekat.
  • 6.Pemeriksaan mata
Kegiatan ini wajib dilakukan sekurang-kurangnya 1-2 tahun sekali. Deteksi dini akan berkurangnya kemampuan penglihatan dan segala ssesuatu yang berhubungan dengan penglihatan amat diperlukan. Banyak sekali ditemukan permasalahan penglihatan pada setiap upaya layanan kesehatan yang mana mereka( baca pasien) telah masuk dalam kategori berat atau tidak dapat lagi diselamatkan atau dilakukan pelayanan pencegahan lainnya.
  • 7. Perhatikan Makanan dan Minuman
Sesuai penemuan dan arahan Kepala bagian Promosi Depkes RI Ibu Purba,bahwasanya penyakit yang berkembang di masyarakat jarang lagi diakibatkan oleh bakteri, seperti diare,koreng, dan lain-lain. Penyakit di zaman ini lebih modern dan kebanyakan dipengaruhi asupan yang masuk ke dalam tubuh. Banyak makanan sehat seperti junk food atau cepat saji, bahkan bahan kimia beredar tanpa ada batasan. Itu pula sebabnya kualitas hidup menjadi menurun.
  • 8. Olahraga
Kegiatan ini paling dianjurkan tapi tidak sedikit yang tidak melakukannya. Selalu banyak alasan karena kegiatan ini dianggap membosankan. Di sisi lain, olahraga memberikan efek yang luar biasa tanpa pernah anda sadari dan bukan saja sebagai salah satu sarana dalam mencari nafkah. Kebanyakan olahragawan/ti jarang mengalami sakit bahkan hingga usia lanjut.
  • 9.Tidur
Tidur yang cukup juga berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup. Sebagaimana halnya istirahat, tidur merupakan sarana istirahat total dan perbaikan seluruh elemen tubuh. So, anda mau dianggap tidak ketinggalan zaman? Inilah alternatif pembiasaan perilaku murah tanpa harus bersusah payah. Layaknya di siarkan di stasiun tv lokal 1 bulan lalu, saat orang rela antri sampai berlantai-lantai untuk mendapatkan sebuah sandal yang memiliki usia tidak lebih dari 3 tahun. Mengapa tidak anda gunakan motivasi tersebut demi mendapatkan kualitas hidup anda dan juga menghindari hal-hal ekstrim terjadi pada penglihatan anda khususnya,kesehatan seluruh tubuh pada umumnya?Perlu di sadari pula dari sisi agama yang saya anut juga menyatakan bahwa"TUBUH PUN HANYA HAK ATAS DIRIMU". Tunggu apalagi, mari galakkan kebiasaan baru yang berguna demi masa depan anda dan dimulai dari anda dan lingkungan terkecil anda yaitu keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar

Share/Bookmark

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO
klik gambar

artikel Populer

my favorit song