Olahraga untuk Mata Lelah

img Menghabiskan waktu seharian di depan komputer kerap membuat mata lelah dan terasa pedih. Ikuti langkah menghilangkan mata lelah agar indra penglihatan Anda kembali segar.
Ada dua cara untuk menghilangkan mata lelah seperti dilansir dari health24, Jumat (10/7/2009). Pertama biasa disebut dengan palming, kegiatan ini sangat mudah dan cepat sehingga bisa dilakukan di meja kerja. Caranya, gosok tangan bersama-sama dengan cepat hingga terasa hangat. Lalu letakkan tangan pada masing-masing mata sampai mata terasa hangat. Lakukan kegiatan ini sambil menghirup nafas dalam-dalam dan rileks. Cara kedua dengan yoga yang disebut Netra Viyaamam. Pada praktik ini sebaiknya lepaskan dulu kontak lensa yang Anda gunakan, kegiatan ini juga membutuhkan waktu yang lebih panjang dibanding cara pertama. Berikut tahapannya:
  1. Duduklah dengan kepala, leher, dan tulang punggung tegak sambil diluruskan tapi tetap rileks. Lalu napas dalam-dalam.
  2. Kemudian hembuskan melalui hidung dan kontraksi dengan perut. Usahakan agar wajah tetap rileks.
  3. Jaga kepala tetap lurus dan mata terbuka, ikuti gambar yang sejajar dengan mata. Gerakkan mata ke atas dan ke bawah secara perlahan-lahan, tanpa membuat mata menjadi tegang.
  4. Tutup mata dan biarkan mata anda merasa rileks.
  5. Seperti halnya dengan gerakan sebelumnya, gerakkan mata Anda secara horizontal ke kiri dan ke kanan. Biarkan kepala tetap tegak lurus dan kepala melihat obyek yang ada di depan mata.
  6. Tutup mata dan biarkan mata anda rileks.
  7. Posisi kepala tetap tegak lurus, putarkan bola mata Anda mengikuti obyek yang ada di penglihatan Anda. Putarkan secara perlahan tanpa membuat mata menjadi tegang, putar sebanyak beberapa kali dan akhiri dengan posisi bola mata melihat ke atas.
  8. Ulangi gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan.
  9. Tutup mata hingga mata anda merasa rileks.
Rasakan khasiatnya, mata Anda akan terasa lebih segar setelah itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share/Bookmark

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO
klik gambar

artikel Populer

my favorit song