manfaat kacamata hitam / sunglass untuk mata anda

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia harusnya sudah menjadi kebiasaan untuk selalu pakai kacamata hitam saat matahari sedang terik. Kacamata hitam cukup ampuh melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet. Sinar tersebut bisa sangat merusak, bahkan jika mengenai mata dalam waktu yang singkat. Dikutip dari Healthday, Selasa (24/8/2010), risiko kerusakan jangka pendek yang bisa dicegah dengan kacamata hitam antara lain adalah mata terbakar (photokeratitis). Kerusakan ini ditandai dengan radang pada kornea, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian sel di bagian tersebut. Radang semacam itu juga bisa terjadi pada konjungtiva, yakni bagian mata yang berwarna putih. Meski terasa sangat sakit, peradangan di kedua bagian itu masih bisa dan mudah untuk disembuhkan. Sedangkan untuk jangka panjang, kerusakan akibat sinar ultraviolet bisa terakumulasi dan menyebabkan gangguan yang lebih serius. Di antaranya adalah sebagai berikut:
Pterygium
Merupakan pertumbuhan yang tidak normal pada konjungtiva atau bagian mata yang berwarna putih, yang dapat disebabkan karena terlalu sering terkena sinar matahari. Pertumbuhan abnormal ini akan merusak kornea, sehingga mengganggu penglihatan. Tidak ada cara lain untuk mengatasi gangguan ini kecuali dengan pembedahan. Itupun masih menyisakan peluang kekambuhan, sebab konjungtiva yang sudah rusak pada dasarnya sulit untuk dipulihkan.
Katarak
Pada penderita katarak, warna lensa yang bening berubah menjadi keruh sehingga menghalangi cahaya yang masuk. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari diduga merupakan salah satu penyebab utama pada gangguan ini.
Kemunduran fungsi macula (macular degeneration)
Sinar ultraviolet juga dapat merusakkan retina, yakni lapisan tipis pada mata bagian belakang yang berfungsi menangkap cahaya. Kerusakan itu juga mempengaruhi fungsi makula, yakni titik pusat retina sekaligus pusat penglihatan.
Kanker
Permukaan mata bisa terserang melanoma, sejenis kanker ganas akibat sinar ultraviolet yang membutuhkan operasi untuk mengatasinya. Sedangkan pada kelopak mata, sinar matahari juga berisiko menyebabkan karsinoma sel basal.
sumber detik

0 komentar:

Posting Komentar

Share/Bookmark

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO
klik gambar

artikel Populer

my favorit song