cara mudah mendeteksi dini kesehatan mata anak anda

Banyak hal yang membuat kita merasa betah di rumah, selain seorang pasangan pujaan hati. Ya, si buah hati kita, yang tak lain anak kita. Betapa kepolosannya membuat kita tertegun atau bahkan melepaskan segala penat rutinitas kerja. Sebuah anugerah yang terkandung didalamnya sebuah amanah. Percaya atau tidak, tingkat kekhawatiran dan kepedulian para ortu akan sangat berpengaruh pada anak saat mereka beranjak dewasa dan bahkan seumur hidupnya. Saya rasa kita semua juga setuju, bilamana kita harus menjaga dan merawat mereka dengan sepenuh hati dan ikhlas. Nah sebelum kita mengajak anak kita ke dokter mata atau optik untuk diperiksa. kita bisa melakukan pemeriksaan mata di rumah, atau cek kesehatan mata anak anda untuk mengetahui kesehatan matanya secara umum.
  • Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai ortu untuk menjadi seperti judul di atas :
  • 1. Tes respon pupil
Gunakan senter kecil dan lakukan di ruang gelap/cahaya redup.Pupil terletak di bagian tengah mata yang berwarna hitam dan berfungsi sebagai pengatur cahaya yang masuk ke dalam bola mata. Bila anda menyalakan senter di samping mata/di pelipis ( sinar tidak di arahkan ke mata ), maka pupil mata akan mengecil. Bila dimatikan akan membesar.Hal ini memberikan sinyalemen bahwasanya respon mata anak anda terhadap cahaya telah berjalan dengan semestinya. Hal ini dapat dilakukan juga pada orang dewasa.contoh : untuk mengetahui seseorang sedang mabuk atau menggunakan narkoba atau tidak.
  • 2. Kemampuan fiksasi dan mengikutinya
Fiksasi adalah kemampuan seseorang untuk melihat obyek dengan jarak tertentu. Kita bisa juga menggunakan senter atau benda dengan warna terang seperti merah. Kita taruh benda tersebut di depan bayi dan kita gerakan secara perlahan. Pada dasarnya, Bayi saat lahir dapat melihat cahaya dan dapat mengikutinya maksimal saat berusia 3 bulan. Keadaan ini untuk mengetahui kemampuan koordinasi tiap unsur2 penglihatan.
  • 3. Tes tajam/kemampuan penglihatan
amatati anak anda ketika menonton tv, jika anak anda selalu menonton tv terlalu dakat sedangkan anda kerap kali sudah menyuruhnya tidak terlalu dekat maka segera bertanyalah padanya mengapa menonton tv terlalu dekat, jika anak anda menjawab karana jika saya terlalu jauh dari tv saya tidak bisa melihat dengan jelas, maka waspadalah mungkin karena mata anak anda mengalami gangguan penglihatan, segera periksakan visusnya sesegera mungkin, karena lebih cepat diketahui maka penanganya akan lebih mudah. anda bisa temui segera dokter mata praktisi kesehatan mata lainnya seperti RO ( di optik atau Rumah Sakit ). semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share/Bookmark

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO
klik gambar

artikel Populer

my favorit song