'Computer Vision Syndrome' (CVS).

ni info untuk pengguna komputer ! Bila kita telah menghabiskan waktu di depan komputer lebih dari 2 jam setiap harinya. Mungkin di kantor atau dimana saja kita beraktifitas di depan komputer berjam-jam lamanya. Siapa tahu mata kita saat ini sedang mengalami apa yang di sebut 'Computer Vision Syndrome' (CVS). Perlu diketahui, sindrom ini tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja. Akan tetapi juga, bisa dialami oleh anak2 sekolahan yang melakukan aktifitasnya selama lebih dari 2 jam di depan komputer setiap hari. Hal ini mimiliki resiko tinggi terkait 'rabun dekat' pada anak2. Gejala apakah yang terjadi pada CVS ini.....
  • Sakit kepala
  • Tidak fokus
  • Mata terasa panas
  • Kelelahan mata (asthenopia)
  • Penglihatan dobel
  • Kabur / blur
  • Leher dan bahu terasa sakit
Beberapa penyebabkan terjadinya sindrom CVS ini....
Kelelahan mata dan CVS ini terjadi karena mata kita mengalami kesulitan untuk meng-fokus-kan diri terhadap objek di dalam layar komputer. Pada layar komputer suatu obyek tidaklah memiliki kontras yang sama, tidak seperti hal pada sebuah halaman cetakan. Dimana, objek di layar komputer dibangun oleh elemen2 bercahaya atau yang di kenal dengan pixel. Hal ini akan membuat objek di layar komputer itu menjadi sangat terang di bagian tengahnya, sedangkan intensitasnya akan berkurang ke arah pinggir. Hasilnya, mata kita ini akan mengalami kesulitan untuk mengfokuskan secara akurat terhadap objek yang di lihatnya. Di depan komputer, mata kita akan terus berusaha untuk mendapatkan serta mempertahankan fokusnya. Otot2 di dalam bola mata kitapun akan terus bergerak, berkontraksi, hal ini akan menyebabkan kelelahan pada mata. Selain itu, pada saat duduk di depan komputer, posisi tubuh kita bisa tidak terkontrol. Posisi tubuh kita yang 'kurang tepat' dalam jangka waktu yang agak lama akan menyebabkan kejang otot, kelelahan dan sakit kepala.
Hal2 untuk mengurangi kelelahan mata ataupun gejala CVS lainnya........
  1. Periksa mata. Sampaikan kepada dokter perihal pekerjaan anda di depan komputer ini. Tes mata ini minimal dilakukan 1 tahun sekali.
  2. Gunakan pencahayaan yang tepat. Ketegangan mata di depan komputer bisa juga disebabkan karena terlalu terangnya pencahayaan dari sekitarnya. Bisa dari matahari yang melalui jendela ataupun lampu interior di sekitar ruangan.
  3. Minimalkan pantulan yang berkilau pada layar komputer. Kilauan pantulan pada layar komputer ini bisanya dari cahaya di linkungan sekitarnya. Mungkin akan lebih baik komputer kita di pasangkan lapisan yang dapat mengurangi pantulan.
  4. Merubah display layar komputer. Yang paling baik gunakanlah layar seperti pada TV plasma atau LCD. Mata akan menjadi lebih nyaman dengan menggunakan layar jenis ini, karena pada umumnya permukaan layar LCD memiliki sifat anti pantul.
  5. Menyesuaikan 'Brightness' dan 'Contrast' layar komputer. Setting-lah layar komputer anda, hendaknya disesuaikan dengan penerangan dari lingkungan disekitarnya.
  6. Sering berkedip. Berkedip itu sangat penting. Hal ini bertujuan untuk membasahi mata kita, agar mata kita nyaman selama bekerja di depan komputer.
  7. Latihan mata. Untuk mengurangi kelelahan mata akibat kesulitan fokus selama bekerja di depan komputer, lakukanlah sebuah latihan mata. Alihkanlah pandangan anda dari layar komputer selama 20 menit. Pandanglah objek yang cukup jauh di ruangan atau bisa juga melalui jendela, selama 10 atau 15 detik. Kemudian lihatlah objek yang lebih dekat selama 10 atau 15 detik. Lalu pandanglah lagi objek yang jauh. Lakukan ini hingga 10 kali.
  8. Sering Istirahat. Ambil lah istirahat pendek dari depan komputer untuk merelaksasikan otot tubuh anda. Hal ini untuk mengurangi ketegangan otot leher, punggung dan bagian lain tubuh kita.
  9. Mengatur tempat kerja. Segala posisi alat2 kantor diatur sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kelelahan mata saat bekerja. Lampu meja, kursi, letak dokumen salinan, sebaiknya di posisikan dengan tepat.
  10. Pertimbangkan kacamata khusus saat di depan komputer. Sebagai contoh, jarak antara mata dan komputer agak lebih jauh dari pada saat kita membaca buku. Jarak ini kurang-lebih sekitar 60 cm. Bagi orang yang memiliki 'ukuran dekat' (presbiopia), tentunya hal ini menjadi suatu masalah untuk memperoleh fokus yang tepat. Gunakanlah lensa 'multi-fokus' atau 'progresive' yang dibuat sesuai dengan resep dokter atau optician. Sedangkan untuk mengurangi kesilauan dan terangnya layar komputer, dapat juga kita menggunakan kacamata dengan lensanya di beri sedikit pewarnaan.
    Posisi ideal bekerja di depan komputer
Terimakasih....

0 komentar:

Posting Komentar

Share/Bookmark

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO
klik gambar

artikel Populer

my favorit song