presbyopia / rabun dekat

Presbyopia berasal dari bahasa Yunani “Presbys” yang berarti orang tua dan “Opia” artinya mata. Ini berkaitan dengan bekurangnya kemampuan mata untuk fokus pada jarak dekat seperti membaca karena usia yang mulai menua.

Presbyopia merupakan hal yang alami karena penuaan seperti halnya uban dan keriput yang mulai muncul pada usia 40-50 tahun. Di Indonesia dikenal juga dengan “Rabun Dekat” karena tidak bisa melihat/membaca pada jarak dekat. Pandangan kabur ketika kita membaca atau mencoba memasukkan benang ke dalam lubang jarum.

Pada usia anak-anak, mata kita bisa fokus pada jarak 10 cm (10 Dioptre). Pada umur 60 tahun kita hanya mampu fokus pada jarak 1-2 meter saja (0,5 atau 1 Dioptre).

Mungkin anda tidak merasakannya. Ah saya masih bisa kok membaca. Padahal anda harus meletakkan buku/koran pada posisi yang agak jauh dibanding ketika anda masih muda. Semakin tua umur anda, bisa jadi anda memegang koran dengan tangan lurus agar bisa tetap terbaca atau bahkan tidak bisa terbaca lagi walau tangan anda sudah lurus sekalipun, itu artinya anda sudah presyiopia/ rabun dekat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share/Bookmark

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG OPTIK METRO
klik gambar

artikel Populer

my favorit song